Jumat, 29 April 2016

OMPK-Langkah-langkah manajemen



LANGKAH – LANGKAH MANAJEMEN

 Manajemen yaitu proses pengaturan berbagai sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan melalui fungsi-sungsi tertentu.
 Proses pengorgorganisasian aktifitas kerja berbagai orang, sehingga kerja bisa terlaksana secara efektif dan efisien.
Ruang Lingkup Manajemen Kesehatan

1.      Manajemen personalia (mengurusi SDM)
2.      Manajemen keuangan 
3.      Manajemen logistik (mengurusi logistik-obat dan peralatan) 
4.      Manajemen pelayanan kesehatan dan sistem informasi manajemen (mengurusi pelayanan kesehatan) 
Langkah-langkah manajemen

1.      Proses perencanaan
Meliputi gagasan bahwa manajemen mengantisipasi berbagai kondisi seperti peluang dan kendala dimasa depn dan berusahha menetapkan lebih dahulu apa yang harus mereka lakukan dan apa yang akan mereka capai.

2.      Proses pengorganisasian
Berarti menetapkan orang dan prasarana serta sarana dan sumberdaya dalam suatu tata-hubungan yang kondusif untuk bekerja sama menuju sasaran bersama.

3.      Proses pelaksanaan
Meliputi pemberian arahan, perintah kerja, dorongan dan motivasi kerja, serta pemecahan masalah.

4.      Proses pengendalian
Dilakukan dengan pengamatan, mencermati laporan, dan melakukan inspeksi supaya pekerjaan disemua bagian sesuai dengan persyaratan kualitas dan ketentuan rencana hasil dan sesuai dengan anggaran biaya.
Contoh:    
  Langkah – langkah Manajemen Pelayanan Kebidanan dibagi 3 yaitu :

-          P1 ( Perencanaan )
-          P2 ( Pengorganisasian )
-          P3 (Penggerakan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Pengendalian)

1.            P1 ( PERENCANAAN )

                  Perencanaan adalah proses untuk merumuskan masalah kegiatan, menentukan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia, menetapkan tujuan kegiatan yang paling pokok dan menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan ( landasan dasar ).

                Contoh :
-          Jadwal Pelayanan ANC di Posyandu, Puskesmas.
-          Rencana Pelatihan untuk kader, nakes

2.            P2 ( PENGORGANISASIAN )

                Pengorganisasian adalah suatu langkah untuk menetapkan menggolong-golongkan, dan mengatur berbagai kegiatan, penetapan tugas-tugas dan wewenang seseorang dan pendelegasian wewenang dalam rangka pencapaian tujuan layanan kebidanan.
                Inti dari pengorganisasian adalah merupakan alat untuk memadukan atau sinkronisasi semua kegiatan yang berasfek personil, finansial, material dan tata cara dalam rangka mencapai tujuan pelayanan kebidanan yang telah di tetapkan.

                Contoh :
-          Puskesmas
-          Puskesmas Pembantu
-          Polindes dan Pembantu
-          Balai Desa

3.            P3 ( PENGGERAKAN DAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN )

                Penggerakan dan Pelaksanaan adalah suatu usaha untuk menciptakan iklim kerja sama di antara pelaksanaan program pelayanan kebidanan sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
                Fungsi manajemen ini lebih menekankan bagaimana seseorang manajer pelayanan kebidanan mengarahkan dan menggerakkan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan pelayanan kebidanan yang telah di sepakati.

                    
                      Contoh :
-          Pencatatan dan pelaporan ( SP2TP )
-           Supervisi
-          Stratifikasi Puskesmas
-          Survey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar